Langsung ke konten utama

Pengalaman Medical Check Up di BIMC Bali untuk Pembuatan Visa Australia

Salah satu syarat pembuatan visa pelajar untuk ke Australia adalah Medical Check Up (MCU). Di Bali, penyedia layanan tes kesehatan yang sudah bekerja sama dengan Kedutaan Besar Australia salah satunya adalah Bali International Medical Center (BIMC) Hospital. Rumah sakit yang terletak di daerah Kuta ini memiliki fasilitas yang memadai untuk melakukan tes kesehatan secara menyeluruh.

BIMC Bali Visa Medical Check Up
Resepsionis BIMC Hospital Bali. Sumber: Dokumentasi Mastawan Djasin

         Awardee beasiswa Australia Awards yang memilih untuk MCU di Bali sudah dijadwalkan Australia Awards Indonesia. Mas Ponco (Ponco Ajiwantoro), sang Visa Coordinator, sudah mem-book jadwal MCU di BIMC selama satu bulan penuh. Biasanya setiap hari dijadwalkan delapan orang, yang akan MCU antara pukul 16.30-20.00 WITA.

       Urutan jadwal MCU disusun berdasarkan abjad. Dengan nama berhuruf awalan A, saya mendapatkan giliran pertama, tanggal 29 September 2023. Bersama Afif, teman sekelas PDT (Pre-Departure Training), saya berangkat selepas kelas dan tiba di BIMC pukul 17 WITA.

       Awalnya, pasien MCU diminta mencetak HAP Letter dan sertifikat vaksinasi COVID dan booster. Ternyata ketika datang, kami cukup melapor kepada resepsionis untuk melakukan MCU. Tim rumah sakit sudah menyiapkan dokumen kami, lengkap dengan HAP Letter dan sertifikat vaksinasinya. Pasien cukup memberikan salah satu dokumen identitas seperti KTP, paspor, atau SIM.

     Selanjutnya akan ada seorang perawat yang mengarahkan dan menemani pasien sepanjang rangkaian kesehatan. Ada lima jenis tes yang perlu dilakukan:

1.       Pengecekkan Tekanan Darah, serta Tinggi dan Berat Badan

Seperti biasa, akan dicek tensi dan diminta untuk berdiri di atas alat timbang dan ukur tinggi. Hasilnya akan dicatat oleh perawat.

2.       Foto Toraks

Foto bagian dada dengan menggunakan X-ray. Pasien diarahkan masuk ke ruangan khusus. Di sana pasien akan diminta menanggalkan pakaian atas dan mengenakan pelindung khusus. Selanjutnya tinggal mengikuti instruksi dari petugas. Setelah selesai, bisa memakai baju kembali dan keluar ruangan.

3.       Cek Mata

Untuk mengecek daya penglihatan mata, kita diminta untuk berdiri dengan jarak sekitar tiga meter dari papan tes mata yang bertuliskan huruf-huruf. Kita diminta untuk menutup salah satu mata dan membaca huruf yang ditunjukkan oleh perawat. Kemudian bergantian dengan mata yang sebelahnya.

4.       Konsultasi Dokter

Setelah tiga tes yang dilakukan di lantai satu, pasien di arahkan ke lantai 2 untuk dua tes terakhir. Pasien dipanggil masuk ke ruang konsultasi satu per satu. Di awal, dokter akan membuka HAP Letter dan mengonfirmasi data-data yang sudah pasien isikan sebelumnya, seperti obat yang dikonsumsi, histori penyakit, pengalaman dirawat di rumah sakit, alergi, dan sebagainya. Dokter akan mencatat temuan-temuan dari wawancara.

Berikutnya, pasien akan diminta untuk menanggalkan semua pakaian kecuali pakaian dalam dan berbaring di atas matras. Dokter akan memeriksa mulut dan telinga. Kemudian menggunakan stetoskop untuk mendengarkan bagian dada dan abdomen. Beliau juga mengecek bagian-bagian kulit. Setelah seluruh proses periksa selesai, pasien dipersilakan mengenakan pakaian kembali.

5.       Tes Darah

Tes terakhir adalah pengambilan sampel darah yang dilakukan di ruang khusus. Perawat akan mengambli beberapa mililiter darah mengenai pembuluh di tangan. Prosesnya cepat dan tidak menyakitkan.

Setelah seluruh rangkaian tes selesai, perawat akan mengembalikan dokumen identitas dan pasien diperbolehkan pulang.

      Rangkaian proses pemeriksaan berlangsung relatif cepat. Petunjuknya juga jelas dan pasien didampingi oleh perawat sepanjang proses. Namun, sepertinya saya datang pada waktu yang kurang tepat. Ketika datang jam 17 WITA, saya dan Afif masih perlu menunggu sekitar dua jam sebelum akhirnya dipanggil untuk proses MCU. Ada juga awardee lain, Ian dan Agus, yang datang sekitar pukul 19.30 WITA langsung diperiksa dan selesai prosesnya bersamaan dengan saya dan Afif.

       Hasil pengecekan akan langsung dikirimkan ke alamat e-mail. Saya agak terkejut karena satu jam setelah pemeriksaan sudah ada surat berjudul Visa MCU Result dari BIMC. Di dalamnya terdapat lampiran file PDF yang berisi rangkuman hasil pemeriksanannya. Hasil tes X-ray baru akan keluar H+3. Hasil tesnya juga akan dikirimkan oleh rumah sakit ke sistem imigrasi Australia.

      Jika tidak ada temuan berarti dan pasien dinyatakan sehat, pada sistem imigrasi akan ada keterangan health clearance provided, no action required. Menurut pemaparan Bu Echa (Reisha Vitti), jika ada temuan khusus, terutama terkait TBC (tuberkulosis), pasien perlu mendapatkan perawatan dahulu. Durasinya bisa tiga, enam bulan, atau bahkan satu tahun sesuai dengan rekomendasi dokter. Perawatan ini dapat mengakibatkan penundaan keberangkatan ke Australia.

      Biaya cek kesehatan sudah ditanggung sepenuhnya oleh Australia Awards Indonesia. Namun, jika ada temuan khusus atau butuh untuk tes lebih lanjut, awardee harus menanggung biayanya sendiri. Misalnya ada salah satu teman saya yang diminta untuk foto toraks lagi karena dari hasil X-ray sebelumnya sang dokter belum bisa menyimpulkan kondisi paru-parunya. Tes ulang sebesar Rp700.000 harus dibayarkan oleh teman saya sendiri.

       Proses MCU untuk pembuatan visa studi ke Australia bagi penerima beasiswa Australia Awards sangat mudah. Pendaftaran dan jadwal sudah dibantu oleh Visa Coordinator. Rangkaian pemeriksaan di rumah sakit pun relatif cepan dan langkah-langkahnya jelas. Jika tidak ada temuan khusus, hasilnya akan ter-update otomatis di website imigrasi Australia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali