Langsung ke konten utama

Ascendance of a Bookworm: A Heartwarming Isekai Story

Di antara banyaknya cerita ber-genre isekai (dunia lain) sarat akan tema karakter utama yang overpowered dan harem, Light Novel (LN) berjudul Ascendance of a Bookworm menyajikan cerita yang menghangatkan hati. LN ini menceritakan mengenai seorang kutu buku yang berinkarnasi ke dunia lain dan memiliki impian untuk membaca di dunia barunya tersebut. Terlahir di keluarga biasa dan tubuh yang ringkih membuat aktivitas membaca buku menjadi sangat sulit bagi sang tokoh utama, Main. Sepanjang cerita dikisahkan bagaimana Main berjuang untuk membuat kertas, menulis, hingga mencetak buku. Lupakan tokoh utama yang sangat kuat, pada cerita ini tubuh Main sangat lemah. Bahkan jika berjalan sedikit saja bisa membuat ia harus terbaring selama beberapa hari.

Gambar 1. Cover Light Novel Ascendance of a Bookworm


Membaca kisah Main dalam membuat buku, membuat saya menyadari beberapa hal yang membuat cerita ini berkesan dan memjadi oasis di tengah tema isekai. Tiga hal yang membuat novel ini heartwarming antara lain:

1. Mengangkat Cerita Seputar Keluarga

Sebelum pindah ke tubuh Main, sang tokoh utama yang bernama Motosu Urano merupakan orang yang terlalu fokus pada buku dan membaca, sehingga seringkali mengabaikan orang tuanya. Penyesalan terbesar ketika Urano wafat adalah tidak terlalu menghargai kasih sayang keluarganya. Oleh karenanya, ketika ada kesempatan untuk mendapatkan kasih sayang dari keluarganya yang baru, Main tidak menyianyiakannya. Salah satu momen paling mengharukan adalah ketika tokoh ‘Main’ mati dan bagaimana keluarganya kehilangan putrinya. Setelah kematian tersebut, bagi saya adegan-adegan ketika sang tokoh utama berinteraksi dan berdialog dengan keluarganya selalu membuat hati tersentuh.

Jalannya cerita cukup slow paced, jadi karakter dan interaksi masing-masing tokoh dapat diceritakan dengan detil. Memang tidak banyak adegan pertarungan dengan pedang ataupun sihir, tapi hal yang menjadi daya tarik dalam cerita ini adalah hubungan dan percakapan dari para tokohnya. 

Gambar 2. Beberapa Ilustrasi yang Menggambarkan Cerita di Setiap Volume Novel

2. Ilustrasi yang Simpel dan Santai

Seperti LN pada umumnya memuat ilustrasi seperti manga, gambar-gambar pada novel karangan Miya Kazuki ini menadapatkan ilustrasi yang baik dari Yuu Shiina. Mulai dari halaman sampul hingga bagian gambar full color yang menggambarkan cerita dalam volume tersebut dibuat menarik. Bagian ilustrasi hitam putih yang menggambarkan kejadian dalam certia pun digambar sederhana dan menghangatkan hati. Pembaca jadi bisa mendapatkan bayangan kejadian yang diceritakan dengan ilustrasi tersebut. Hal lainnya yang saya suka adalah ekspresi dari tokoh-tokoh yang dilukiskan terkesan hidup.

Gambar 3. Beberapa Ilustrasi dalam Novel yang Heartwarming


3. Cerita dari Sudut Pandang Lain

Di bagian utama cerita, penulis menggunakan sudut pandang orang pertama. Tapi setelah bagian epilog, ada beberapa cerita pendek dari sudut pandang orang selain tokoh utama. Misalnya ada cerita dari Hugo, seorang koki di restoran Italia, ketika Main mengunjunginya untuk pembukaan restoran. Ada hal baru yang bisa kita tahu dari perspektif lain tersebut seperti apa yang dipikirkan oleh Hugo, bagaimana persiapan pembukaan restoran, hingga kejadian setelah Main meninggalkan restoran. Kalau pada cerita utama, pembaca hanya dapat tahu dari sudut pandang tokoh utama, yang datang, makan, kemudian pergi dari restoran. Cerita dari sudut pandang lain memperkaya wawasan pembaca dan mengajak pembaca untuk melihat dari pespektif lain.  

Seperti cerita fantasi lainnya, pada dunia Ascendance of a Bookworm (AoB) tetap ada sihir, monster dan unsur fantasi lainnya, tetepi tidak berlebihan. Juga ada sisi gelap dari masa medieval di setting cerita seperti perbudakan, perbedaan kelas antara bangsawan dengan rakyat biasa, dan pembuhan. Namun konten-konten tersebut hanya sampingan dan tidak sampai mengganggu cerita. Oleh karena itu, jika ingin refreshing dari cerita isekai dan ingin menambahwawasan mengenai literatur dan buku bisa membaca cerita AoB ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali