Langsung ke konten utama

3 Karya Terbaik dari Para Penggemar Game Pokemon

Pokémon merupakan salah satu franchise dari Jepang yang sudah mendunia dan memiliki fan base yang kuat. Berawal dari sebuah game, Pokémon juga berkembang menjadi film, komik, dan banyak lainnya. Sejak game pertama release untuk platform Game Boy pada tahun 1990-an hingga game terbaru diluncurkan pada Nintento Switch beberapa tahun lalu, fans sudah diperkenalkan dengan delapan generasi permainan dan puluhan spin-off games. Dari masing-masing generasi tentu ada kelebih dan kekurangannya masing-masing. Hal tersebut membuat para pamain game ada yang puas dan ada juga yang kecewa.

Hal menarik dari para fans game Pokémon adalah kecintaan terhadap  franchise ini dan kekecewaan terhadap apa yang tidak dapat developer game berikan kepada pemain malah menumbuhkan kreativitas. Para pemain yang menemukan flaw pada game dan merasa game resmi dari developer tidak sesuai dengan keinginan, keluar dengan beberapa inovasi unik dalam memainkan permainan. Mereka tidak berhenti sampai mengeluhkan kekurangan, tapi malah membuat sendiri solusi agar dapat lebih menikmati permaiannnya.

 

Pokémon Challenges

Dalam game resmi yang dikeluarkan oleh sang developer, Game Freak, banyak yang mengeluhkan bahwa tingkat kesulitannya rendah. Kalau dilihat secara helicopter view hal ini wajar karena target pasar game ini juga memasukkan demografi anak-anak. Game ini masih dapat dinikmati pemain pemula tanpa merasa stres karena tantangannya. Para fans veteran membuat beragam challenge yang dirasa membuat game lebih menantang. Salah satunya, yang paling terkenal adalah Nuzlocke challenge, yang membatasi trainer hanya dapat menangkap Pokémon pertama yang ditemui di tiap areanya dan memperlakukan Pokémon sudah mati jika kalah dalam pertarungan. Saking populernya tantangan ini, banyak artist yang membuat komik, cerita, hingga video berdasarkan pengalaman mereka berhasil menamatkan game dengan Nuzlocke challenge.

Tantangan lainnya yang juga populer adalah Mono Run, menggunakan hanya satu tipe Pokémon saja seperti para Gym Leader. Ada juga Speed Run (menamatkan game secepat mungkin), Solo Run (menggunakan satu Pokémon saja), dan juga Theme Run (menggunakan tim dengan tema tertentu, misal tema Pokémon ular). Tantangan-tantangan ini ibarat bumbu yang membuat masakan game Pokémon utama dapat lebih sedap uuntuk dinikmati oleh para pemain yang sudah terbiasa.  

Pokemon Nuzlocke Challenge
Gambar 1. Video & Komik Menaklukkan Tantangan Nuzlocke 

Pokémon Fan Made Games

Tidak cukup dengan menambah tingkat kesulitan pada game resmi. Beberapa penggemar yang juga game developer berangkat lebih jauh untuk membuat game Pokémon buatan fans. Fan made games ini ada yang dibuat dengan memodifikasi game utama (ROM Hack) ada juga yang membuat dengan engine RPG Maker. Sebagian game ada yang menambahkan fakemons (Pokémon palsu buatan fans), area baru, cerita yang lebih dalam, serta fitur-fitur tambahan dalam game. Pada game berbasis RPG Maker penggembang game lebih bebas berkreasi karena tidak terbatas template, tidak seperti ROM Hack.

Salah satu fan game yang paling terkenal ada Pokémon Reborn, yang dikenal dengan tingkat kesulitannya yang tinggi. Kalau game resmi biasanya para trainer perlu menaklukkan delapan gym dan empat orang Elite Four, pada Pokémon Reborn terdapat 18 gym untuk masing-masing tipe dan 8 orang Elite. Reborn juga banyak disukai fans karena ceritanya yang dalam dan gelap serta karakter-karakternya yang nyentrik. Saking populernya game buatan penggemar, pernah ada satu kasus ketika pengembangan game Pokemoen Uranium akhirnya diberhentikan karena desakan dari Nintendo. Mungkin sang pemegang franchise khawatir popularitas game ini dapat mengurangi pemasukan. Karena hampir seluruh fan made game ini dapat dinikmati secara gratis.     

Pokemon Reborn
Gambar 2. Pokemon Reborn, Salah Satu Game Buatan Penggemar

Pokémon Doujins

Selain diadaptasi menjadi anime, Pokémon juga diangkat menjadi manga. Ada pula fans yang membuat manga sendiri yang merujuk kepada game utama. Salah satu doujin (komik buatan fans) yang banyak dibicarakan berjudul Festivals of the Champions. Manga ini mengadopsi cerita dari game generasi pertama, Pokémon Red & Blue, namun Red sang protagonis dari Pallet town sudah sampai di Indigo League untuk menantang para trainer terkuat dari seluruh dunia. Karakter yang ditampilkan berasal dari berbagai region yang ada di Pokémon, tidak hanya Kanto saja bahkan dari Unova dan Alola.

Salah satu bagian yang paling berkesan dari manga Festivals of the Champions adalah penggambaran quotes terkenal dari Karen, salah satu Elite Four dari Johto, yang mengatakan “Strong Pokémon, weak Pokémon. That is on ly the selfish perception of people. Truly skilled trainers should try to win with their favorites”. Karen diceritakan tidak mengatakan hal ini sebagai basa-basi saja. Tapi latar belakang ceritanya menggunakan Pokémon bertipe Dark cukup miris sehingga masuk akal kenapa akhirnya ia percaya bahwa seorang trainer harus menang dengan Pokémon yang mereka cintai, bukan hanya Pokémon “terbaik”. Secara umum baik dari art style, character development, dan story dari manga ini patut diacungi jempol dan dapat dinikmati dengan baik oleh para penggemar game Pokémon.

Pokemon Festival of the Champions
Gambar 3. Festival of the Champions, Salah Satu Komik Terbaik Buatan Fans 

Salah satu hal positif yang dapat dipelajari dari komunitas penggemar Pokémon ini adalah ketika menemukan kekurangan pada game atau produk lain yang dikeluarkan oleh franchise ini, mereka tidak hanya mengeluhkan saja tapi lebih jauh membuat modifikasi sendiri seperti challenges dan fan made games agar dapat lebih menikmati permainan yang mereka suka ini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali