Langsung ke konten utama

Maksud Ajaran Bermain dari Sang Guru

Beberapa guru ketika ingin meningkatkan kapasitas muridnya ada yang menerapkan langkah yang tidak umum. Sebagian metode mungkin membuat murid bertanya apakah guru serius atau tidak dalam mengajar. Tapi dibalik hal tersebut pasti ada manfaat yang dapat dirasakan oleh muridnya. 

Gojo Satoru, seorang guru di anime dan manga Jujutsu Kaisen, punya metode untuk mengembangkan kekuatan muridnya. Anime ini bercerita tentang sekelompok shaman (dukun) yang menggunakan kekuatan supranatural untuk melawan curse (kutukan) yang berbahaya bagi manusia. Itadori Yuuji, sang tokoh utama, dikisahkan baru saja menemukan bakat supranaturalnya dan perlu dikembangkan agar dapat melawan musuh yang lebih kuat. 

Untuk mengasah bakat ini, Gojo-sensei menyediakan setumpuk DVD film dengan berbagai genre dan menyuruh Yuuji untuk menontonnya. Yuuji yang masih murid SMA sempat bingung dengan instruksi dari mentornya. Bukannya diarahkan untuk latihan fisik atau bertarung, ia malah dianjurkan untuk duduk di sofa yang nyaman untuk menikmati sajian di depan TV, dengan syarat tidak menunjukkan emosi saat melihat adegan yang ditayangkan .

Menonton Film: Bentuk Latihan Protagonis Paling Aneh di Jagad Anime Shounen

Dalam manga Mairimashita Iruma-kun! ada juga guru yang menerapkan proses yang tidak biasa untuk membuat anak didiknya menjadi murid yang terbaik di angkatannya. Dikisahkan sebuah kelas spesial pada tahun pertama yang terdiri dari 13 anak ditantang oleh wali kelas agar bisa naik ranking semuanya menjadi ranking 4 (dari total 9 ranking yang ada) sebelum mereka semua naik ke kelas 2. Tantangan ini dirasa mustahil karena biasanya murid lain mendapatkan kesempatan untuk belajar selama 6 tahun agar dapat naik ke level tersebut. Namun, sang wali murid tidak membiarkan mereka berjuang sendiri. Ia telah menyiapkan mentor-mentor terbaik yang sesuai dengan bakat dan kemampuan murid kelasnya.

Murid kelas dari spesial yang bernama Shax Lied dipasangkan dengan Robin Bars, seorang guru baru di sekolah tersebut yang masih muda dan semangat. Disaat teman-teman yang lain mendapatkan pelajaran fisik, kemampuan berkomunikasi, latihan kepemimpinan, hingga kecerdikan dalam negosiasi, Lied yang hobinya bermain game, malah ditantang untuk bermain gim oleh Robin-sensei. Mereka menamatkan game semalaman suntuk, jeda dulu untuk masuk sekolah dari pagi hingga sore hari, kemudian dilanjutkan kembali setelah selesai kelas. Hal ini terus berulang hingga hari-hari berikutnya.

Main Gim Asik, Tapi Kalau Terlalu Lama Bisa Sakit Fisik

Awalnya metode pak guru Gojo dan Robin terdengar aneh dan terkesan hanya main-main. Tetapi setelah menyelesaikan tantangan menonton film, Yuuji bisa lebih stabil dalam mengendalikan emosinya. Hal tersebut juga berdampak kepada kemampuannya mengatur energi supranaturalnya menjadi lebih terkontrol. Malam tanpa tidur yang dilalui Lied untuk melawan sang guru dalam permainan konsol membantunya meningkatkan konsentrasi secara signifikan. Dalam ujian praktik pada harvest festival (festival panen) yang diselenggarakan saat akhir semester, Lied menjadi peserta terbaik karena dapat memanfaatkan daya fokusnya yang tinggi ini dengan baik.

Saya juga pernah mendengar cara belajar cukup aneh yang diturunkan dari guru untuk muridnya di dunia nyata. Pak Yanuar Nugroho, yang pernah menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan di masa Kabinet Kerja, saat menuntuk ilmu di Inggris pernah diinstruksikan profesornya untuk menyalin kata demi kata jurnal yang Pak Yanuar suka. Tanpa mempertanyakan tujuannya, beliau menuruti apa yang disuruh oleh pembimbingnya. Dari menuliskan ulang hasil penelitian ini beliau belajar banyak metode riset, cara penulisan karya ilmiah yang baik, dan bagaimana mengomunikasikan ide agar dapat dipahami orang lain ketika membacanya. Bekal tersebut membuat Pak Yanuar dapat mempublikasikan riset dengan kualitas yang baik secara rutin setiap tahunnya.

Saat mengikuti kelas Street Smart MC dari Kang Fauzi Noerwenda, saya pun pernah mendengar 5 cara latihan olah vokal untuk pembawa acara yang tidak biasa. Gerakan yang perlu diulang setiap hari terkesan konyol, mulai dari bergumam, mengucapkan ‘brrr’ sambil menggetarkan bibir, melafalkan huruf vokal sambil berekspresi jenaka, hingga bicara sambil menggigit pensil. Tetapi jika dipraktikkan secara konsisten, teknik-teknik ini dapat membuat suara lebih tebal dan memastikan artikulasi lebih jelas saat berbicara di depan publik.

Contoh metode yang diterapkan oleh pak guru Gojo, dosen muda Robin, profesornya Pak Yanuar, dan pakar MC Kang Fauzi terlihat unik dan banyak menimbulkan tanya. Walaupun caranya bisa jadi menyulitkan, tetapi maksud yang melandasinya pasti baik. Setiap guru memiliki keinginan untuk membuat muridnya dapat berkembang dan menjadi lebih baik dalam bidang yang dipilihnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali