Langsung ke konten utama

Lebih Banyak Kenal Kota di Indonesia dari Menamai Pokemon

 Untuk menamatkan permainan Pokemon main series, biasanya pemain perlu bertualang dan mengalahkan lawan-lawannya dengan menggunakan tim yang terdiri dari enam ekor pokemon. Pokemon yang kita gunakan sangat mungkin digunakan oleh Pokemon trainer lainnya di dalam game. Kalau tidak diberi nama, nanti di layar akan tertulis nama Pokemon yang sama saling berhadapan.

Pokemon Reborn
Jika Tidak Diberi Nama yang Berbeda, Saat Bertarung Nama Pokemon yang Berhadapan tidak dapat Dibedakan

Game Pokemon memiliki fitur untuk memberikan nama panggilan kepada Pokemon yang ditanggap. Nuzlocke challenge menyarankan untuk memberikan nama panggilan kepada Pokemon. Selain untuk membedakan mana Pokemon kita dan mana milik lawan, penamaan ini bertujuan juga untuk membangun kedekatan antara trainer dengan Pokemon.

Kalau melihat dari rekaman video orang lain yang memainkan game Pokemon, sering kali nama panggilan yang digunakan lucu-lucu. Ada yang menamakan Pikachu yang merupakan Pokemon jenis tikus dengan panggilan Jerry dari film Tom and Jerry. Ada juga yang menamai Golem, Pokemon yang sering menggunakan move Selfdestruct sebagai Terrorist. Selera humor saya dalam penamaan objek masih belum begitu tinggi. Jadi saya sempat kebingungan untuk menemukan nama yang fun untuk Pokemon-Pokemon di tim.

Kebetulan saat sedang melihat-lihat tiket kereta saya terinspirasi dari banyaknya jumlah kota di Indonesia. Saya pun terinspirasi untuk memberikan nama panggilan terhadap para Pokemon berdasarkan nama kota atau kabupaten di negara ini. Nama-nama kota di nusantara banyak yang kedengarannya bagus dan keren.

Awalnya saya mulai memberikan nama berdasarkan makna filosofis. Misalnya Litten, pokemon kucing api yang menjadi starter (Pokemon pertama yang diperoleh) saya panggil dengan nama Bandung. Alasannya karena saya berasal dari Bandung. Ada juga Zoroak, pokemon rubah berwarna hitam dan bertipe dark, saya beri nama Padang, karena teringat daging sapi yang dimasak sampai menjadi hitam untuk menjadi rendang. Saya memberi nama Excadrill, Pokemon tikus tanah yang memakai senjata metal, sebagai Tembagapura karena teringat daerah tersebut ada galian tambang yang besar.

Pokemon Reborn
Tim Pokemon yang Panggilannya Diambil dari Nama Kota dan Kabupaten

Semakin banyak Pokemon yang ditangkap, semakin bingung juga mencari nama yang cocok jika harus mencari makna yang sesuai. Akhirnya mencoba mencari daftar nama kota dan kabupaten. Barulah saya menemukan nama-nama kota dan kabupaten yang kedengarannya cantik dan unik. Misalnya ada Lamalera, Bigi Maria, dan Boliohuto. Nama kota yang terdengar merdu saya berikan untuk Pokemon tertentu. Misalnya untuk Alolan-Ninetales, pokemon rubah yang punya kesan cantik dan anggun, saya beri nama Sofifi. Nama ibu kota Provinsi Maluku Utara ini terasa cocok dengan sosok Pokemon yang anggun ini.

Pokemon Reborn
Nama 'Sofifi' Rasanya Pas Disematkan Kepada Rubah Salju ini

Adanya nama kota dan kabupaten yang baru pertama kali didengar membuat saya tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang daerah tersebut. Misalnya ketika menamai Lucario, pokemon serigala petarung, sebagai Talaud, saya baru tahu bahwa Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan salah satu daerah terluar negeri ini yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Dari daerah ini bisa terlihat beberapa pulau dari Distrik Mindanao, Filipina. Sebelumnya saya keliru karena sempat berpikir bahwa daerah yang berbatasan dengan negara lain hanya bagian Kalimantan yang menempel dengan Malaysia dan Nusa Tenggara Timur yang satu pulau dengan Timor Leste.

Kita tentu sering mendengar bahwa di nusantara terdapat banyak potensi yang dapat dimanfaatkan. Sayangnya pembangunan banyak terfokus di area pulau Jawa dan banyak orang yang belum tahu daerah-daerah lain yang jarang diliput media di luar pulau dengan populasi terpadat di Indonesia ini. Saya tidak menyangka bisa mendapatkan jalan untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai kota dan kabupaten di Indonesia dari kebingungan mencari nama untuk Pokemon di game. Inspirasi bisa datang kapan saja, bahkan dari hal sepele seperti pemberian nama karakter dalam permainan seperti ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali