Langsung ke konten utama

Menikmati Layanan yang Resmi

Era sekarang semakin memudahkan untuk menggunakan aplikasi premium tanpa harus mengeluarkan uang. Di seberang kampus saya, banyak berjejer penjual DVD aplikasi dan gim komputer bajakan. Software ilegal juga dengan mudah dapat diunduh di beragam situs, baik yang berbahasa Indonesia maupun Inggris. Padahal menggunakan aplikasi dari sumber yang tidak jelas rentan terhadap  data pribadi. Dengan risiko keamanan siber ini akan jauh lebih baik apabila menggunakan aplikasi legal.

Banyak manfaat yang diperoleh apabila kita menggunakan aplikasi yang legal. Diantaranya adalah berkontribusi terhadap pengembang aplikasi, relatif aman dari virus, serta performa yang unggul karena adanya update dan upgrade aplikasi. Kang Aldi (Aldila Rizkiana), kakak kelas di kampus, menambahkan manfaat lainnya: hasil pekerjaan menjadi lebih berkah.

Saya banyak belajar tentang penggunaan software legal dari teman kuliah. Selain aplikasi legal, Kang Aldi juga berlangganan aplikasi pendukung seperti Internet Download Manager. Katanya lisensi seumur hidup untuk aplikasi pengatur unduhan ini hanya beberapa ratus ribu. Uang yang dikeluarkan sekali di awal sebanding dengan manfaat yang didapat dalam jangka panjang.

Selain itu ada juga Ilham (Ilham Reza Prasetyo), teman satu jurusan, yang berlangganan beberapa layanan digital. Ilham menggunakan YouTube premium yang bebas iklan dan dapat di-minimize saat menggunakan aplikasi lain di ponsel. Ia juga menggunakan jasa VPN (Virtual Private Network), layanan untuk melindungi jaringan saat daring. Langganan VPN berbayarnya dibagi bersama temannya. Ilham bahkan berbaik hati memberikan akses VPN tersebut kepada saya. Paket langganannya memungkinkan untuk menggunakan layanannya pada beberapa device.

Terinspirasi dari Kang Aldi dan Ilham, saya juga mulai ingin menggunakan software legal, dimulai dari piranti lunak untuk pekerjaan. Utungnya kampus menyediakan fasilitas Office 365 dan Windows yang legal bagi para civitas academica. Jadi aplikasi yang saya gunakan untuk kuliah resmi dan berlisensi.

Selain untuk mendukung pekerjaan, untuk menikmati hobi saya juga beralih untuk menggunakan layanan yang legal. Aktivitas yang biasa saya lakukan di waktu luang diantaranya adalah membaca manga dan menonton anime. Untungnya sekarang sudah banyak aplikasi untuk mengakses budaya Jepang tersebut dengan resmi.

Saya biasa membaca manga yang legal melalui aplikasi Manga Plus. Di aplikasi milik perusahaan Shueisia ini banyak judul favorit saya seperti One Piece dan Naruto. Kalau ingin menonton anime yang resmi lebih banyak platformnya. Di YouTube ada kanal Muse dan Ani-One. Ada juga situs Bstasion, Crunchyroll, iQIYI. Layanan televisi kabel seperti Netflix, Amazone Prime, dan Disney Hotstar juga banyak memiliki galeri anime.

Membaca dan menonton di platform legal ini memiliki banyak manfaat. Bagi pembuat karya, akses legal ini sebagai bentuk apresiasi yang bisa menambah pemasukan dan semangat mereka untuk terus menghasilkan karya yang bagus, yang nantinya akan dinikmati penggemar juga. Bagi penggemar, menonton anime legal dengan resolusi gambar yang jernih dan subtitle yang terjemahannya mudah dipahami dapat menimbulkan kepuasan batin.

Menggunakan aplikasi legal untuk pekerjaan dan mengakses hobi dari sumber yang resmi memiliki banyak manfaat. Baik pemasok maupun konsumen sama-sama dapat menikmati keuntungannya. 


“Bekerja dengan software yang legal insyaallah lebih berkah”

 Aldila Riziana

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Tebak-Tebakan Seru Beserta Jawabannya

Ketika berkumpul dengan teman-teman, obrolan bisa lebih asyik apabila ditambahkan tebak-tebakan seru. Beberapa orang menyebutnya tebak-tebakan kegoblogan karena seringkali jawabannya tidak logis. Di beberapa perguruan tinggi, seperti ITB, permainan ini popular untuk diajarkan taplok (tata tertib kelompok) atau mentor kelompok kepada mahasiswa baru ketika sesi orientasi kampus. Berikut adalah beberapa tebak-tebakan yang popular beserta jawabannya. 1. Black Magic Sebenarnya tidak hanya Black Magic, namun dapat berupa Blue Magic, Polkadot Magic , dll. Intinya, warna yang ditentukan oleh Game Master (GM). Istilah Game Master maksudnya orang yang memberi tebak-tebakan pada permainan. Biasanya GM akan dibantu oleh seorang asisten. GM akan disuruh menutup mata, kemudian orang lain memilih sebuah barang. Dengan dibantu asisten, GM akan berhasil menebak barang yang dipilih. Lalu GM akan bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah asisten membantu GM menebak dengan menyeb

Tips Membuat Cue Card MC yang Keren dengan Mudah, Murah, dan Tahan Lama

Bagi seorang pembaca acara (MC) cue card merupakan salah satu barang yang wajib di bawa untuk melancarkan penampilan. Biasanya sang pembaca acara menuliskan susunan acara, nama dan gelar pembicara, serta hal penting lain mengenai acara yang sedang dipandu. Cue card   (sebagian orang menyebutnya que card ) ini tidak hanya berguna bagi MC, tetapi juga bagi moderator atau public speaker untuk mencatat poin-poin penting yang akan disampaikan ketika berbicara. Ketika tes IELTS, bahkan kita akan diminta membuat cue card sebelum melakukan long speech selama 1 s/d 2 menit di tes speaking part 2. Cue card yang tidak disiapkan dengan baik seringkali akan mengganggu penampilan ketika di atas panggung, bisa karena ukurannya yang terlalu besar atau terlalu kecil, desainnya yang kurang menarik atau alasan lainnya. Pengalaman saya memandu sebuah acara sharing session di sebuah kompetisi keilmuan jurusan Teknik Industri beskala internasional, panitia membuatkan cue card yang seukuran ¾ kali kert

Contoh Teks MC & Naskah Acara Pelepasan Jenazah

Acara pelepasan jenazah merupakan acara penghormatan terakhir bagi seseorang yang berperan penting dalam sebuah organisasi. Acara ini umum ditemui di institusi pendidikan sebagai bentuk apresiasi dan tanda hormat bagi guru besar (profesor). Acara ini merupakan acara formal dengan suasana yang khidmat dan duka. Urutan acaranya biasanya terdiri dari: Kedatangan jenazah Sholat jenazah Pembacaan riwayat hidup Sambutan keluarga almarhum Sambutan dan pelepasan dari pemimpin Ucapan belasungkawa dari tamu Untuk memudahkan MC dalam memandu jalannya upacara pelepasan jenazah ini, berikut adalah script untuk MC. Bagian yang dicetak tebal dan miring tinggal diganti sesuai dengan konteks siapa yang wafat. Silakan disesuaikan dengan kebutuhan acara kawan-kawan. SCRIPT MC ACARA PELEPASAN JENAZAH (Nama lengkap dan gelar) Hari, tanggal 1.        Announcement Jenazah memasuki ruangan acara, hadirin dipersilakan untuk berdiri. Hadirin dipersilakan untuk duduk kembali